Indomaret Group

Indomaret berdiri pada tahun 1988 dikalimantan dengan konsep Koperasi dan tidak lama setelahnya Toko kedua dibuka didaerah Ancol yang hingga saat ini dijadikan Toko Percontohan. Foto dari toko pertama (Kalimantan) selalu dipasang disetiap Cabang (bukan toko) Indomaret dengan ujuannya agar para karyawan tidak pernah lupa dengan sejarah awal berdirinya Indomaret.


Pada tahun 1997 Indomaret mencoba untuk Ekspansi Bisnis, yaitu membuka peluang Waralaba bagi siapapun yang ingin ikut membuka usaha. Tahun 2003 Indomaret Group mendapatkan penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003” dari Ibu Megawari Soekarno Putri yang saat itu menjabat sebagai Presiden RI, selain itu Ibu Mega mencetuskan nama baru; yang tadinya Indomart diubah menjadi Indomaret agar lebih familiar dengan lidah atau pengucapan Masyarakat Indonesia.

Superbrand pertama kali didapatkan Indomaret pada Tahun 2011 dengan kategori “Most Inspiring Brand”, Social Media Award pada tahun 2013 atas dasar Tingginya Pembicaraan Positif mengenai Indomaret, Franchise Top of Mine tahun 2013 dengan kategori Minimarket & Convenience, Convenience Store of The Year oleh Roy Morgan yang sanggup menyisihkan 3 kandidat utama seperti Alfamidi, Alfamart, Seven Eleven.

Sumber foto: Indomaret


Masih banyak lagi penghargaan yang sudah Indomaret Group dapatkan, mulai dari standar Nasional hingga Internasional. Tidak dipungkiri dengan adanya pernghargaan tersebut Indomaret Group harus tetap menjaga amanat dan terus menciptakan Kemajuan Melalui Inovasi Ekonomis dengan Menjunjung Tinggi Kejujuran, Kebenaran dan Keadilan. Namun penghargan terbesar Indomaret Group adalah para Pelanggan yang tetap setia dan royal kepada Indomaret, sehingga tercetuslah Motto: Kepuasan Pelanggan adalah Kepuasan Kami.

Indomaret sudah 3x melakukan perubahan logo dan membuat mascot (Si Domar).

Untuk Logo Indomaret dibagi menjadi 3 warna, yaitu Kuning, Merah dan Biru. Merah melambangkan Keberanian dalam mendobrak, sebagai Pionir. Biru melambangkan Kehangatan, Kematangan, Lambang dari Ketenangan, Rendah Hati kepada pelanggan. Kuning melambangkan Keceriaan & Ketulusan.

Domar diambil dari kata InDomaret, Si Domar adalah Semut. Alasan kenapa Semut dijadikan Maskot Indomaret, karena Semut adalah Sosok Makhluk Tuhan yang Rajin, Ramah dan royal juga setia kepada kawanan, lingkungan dan Ratu mereka. Semut juga menggambarkan Kentalnya konsep Kerjasama Tim guna mencapai kemajuan bersama.

Indomaret sudah memiliki kurang lebih 8.814 Gerai hingga saat ini yang terdiri dari 60% milik sendiri dan 40% milik masyarakat (Franchise). Indomaret berencana untuk tetap mengembangkan sayap hingga kepelosok, alasanya agar mempermudah masyarakat dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari juga membuka lowongan pekerjaan.


“Kepuasan Pelanggan adalah Kepuasan Kami” | “Selamat Datang di Indomaret, Selamat Belanja” | “Terima Kasih, Sampai Belanja Kembali” | “Mudah dan Hemat”

4 komentar:

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon