MT Indomaret Group

Pernah dengar atau tau informasi tentang kata MT Indomaret?
Kalo jawabannya belum, sama seperti saya. Hingga suatu saat saya coba melamar disebuah perusahaan yang membuka lowongan sebagai Technical Writer. Pekerjaan yang sangat mudah di bidang IT ya itu, Bussines Analyst udah pernah ngerasain; bener kerjaannya Meeting dengan User, merancang database, dll , Programmer, Kapok. Sejujurnya saja sudah capek gonta-ganti pekerjaan dan ingin sekali bertahan disebuah perusahaan besar, bidang pekerjaan sesuai dengan Latar Belakang Pendidikan.

Kembali lagi dipeluang Technical Writer, saya coba klik dan kirim email beserta Attachment dokumen yang diperlukan seperti CV, Foto, Ijazah, dll.  Alhamdulillah saya dipanggil dan melalui beberapa tahapan test juga interview User, 1 bulan kemudian saya ditelpon untuk Sign Contract. Alhamdulillah diterima.

Saya taunya pekerjaan yang dilamar adalah Technical Writer bukan lainnya, tapi ternyata saya dimasukkan kedalam Program MT Indomaret Group. Saya sadar bahwa: “Oke saya disiapkan untuk menjadi Manager dan belajar dari awal” itu saat masa training berakhir.

Lucu bukan?
Ya kembali lagi saat Sign Contract disurat kesepakatan hanya ada peraturan dan Posisi yang saya terima nantinya itu: Junior Supervisor. Jujur, saat tanda tangan kontrak saya mau nanya, kok posisi yang tertulis Junior Supervisor bukannya Technical Writer.. Tapi kenyataannnya saya malah nanya tanggal kontrak kok beda dengan tanggal hari itu (beda tanggal dan bulan) T_____T

Setelah tanda tangan kontrak saya dikasih selebaran yang berisi informasi umum untuk training tanggal 6 Januari 2014, ada nomor handphone didalam kertas itu :D
Nyengir deh kemana-mana *akhirnya ada penolong* aku berfikir saat itu mau nanya ke Pak Nugroho Adhi W. (Pak NAW) tapi hingga selesai Masa Training pertanyaan itu tidak tersampaikan dan sepertinya sudah tidak usah lagi ditanyakan karena saya sudah nyebur.

Gak mungkinlah udah nyebur masa bilang “top-pan”, jalanin dulu apa yang ada didepan mata dengan baik dan semaksimal mungkin.

Program MT Indomaret Group adalah Shortcut atau jalan pintas yang disediakan Indomaret bagi para Calon Karyawan / Karyawan untuk menduduki Posisi Managerial. Simple?, tulisannya; Ya. Tapi Implementasinya; Wow. Tahap pertama Para MT yang bisa juga dipanggil NT ini wajib menjalani Masa Traning selama 2 bulan.


2 Bulan itulah waktunya Belajar dari Akar Perusahaan yang disebut dengan OJT (on Job Training), para NT wajib belajar menjadi:
1. Kasir / Pramuniaga
How to be a Good Chasier?
Belajar melayani dan tampil sempurna didepan konsumen, ajak konsumen ngobrol, berikan pelananan tidak langsung, salurkan energy positif kepada konsumen agar mereka betah ngobrol dan merasa diperhatikan.
How to be a Good Clerk?
Yes, NT Laki-laki harus juga menjalani masa ini loh. Mulai dari angkat galon, barang-barang, nyapu, naik turun gudang; intinya pekerja kasar.
2. Merchandiser
Belajar tentang cara untuk mengendalikan 8 Faktor Operasional seperti Sarana Pendukung, Pelanggan yang dilayani, Lingkungan Masyarakat, dll. Kita diajak untuk belajar dan mengerti bahwa Faktor Internal dan Eksternal harus seimbang.
3. Asisten Kepala Toko / Pemegang Shift
Sementara OJT yang satu agar berbeda, Karena kita belajar tanggung jawab yang lebih besar tentang 6 Pengendalian Operasional yang focus pada Internal Toko yang kembali lagi tidak lepas dari salah satu Konsep Indomaret Group Kemajuan Melalui Inovasi Ekonomis dan Kepuasan Pelanggan.
4. DC
DC atau Distribution Center adalah Pusat Pengendalian Barang dan Pendistribusian Barang Indomaret, disinilah Barang disimpan dan diolah agar pembagian barang Rata disetiap Toko. 1 DC memiliki lebih dari 1 Toko yang dikelola, pembagian Toko pun diatur sedemikian rupa agar dapat memaksimalkan Kinerja Toko.
5. Training on Departement
Yes, Training on Departement. Lagi-lagi Ilmu yang disuapin gak setengah-setengah, kenapa aku bilang disuapin?.. Karena Ilmu tersebut sangat berguna bagi kami saat penempatan nanti.

Setiap selesai OJT bukan berarti sudah, berhenti sampai disitu saja. Tapi kami wajib mempertanggung jawabkan Ilmu tersebut dengan diskusi, seberapa besar Ilmu tersebut kami serap dan mengerti. Perusahaan tentunya tidak ingin Calon Pemimpin yang tidak bisa dan tidak mengerti apa-apa. Segala hal harus pada tempat dan porsinya masing-masing.

Name Tag saat Training 2 bulan, kalo dilihat kok ada silotip?.. Ada ceritanya, nanti akan aku tulis :D

ETD (Education and Training Division) Divisi inilah yang membantu Para NT memoles Softskill agar siap saat Penempatan dan Implementasi nantinya.

“Kalian ini Calon Pemimpin”

Ucap Pak Nugroho Adhi W. atau biasa dipanggil Pak Naw saat Training hari pertama dilakukan, kalimat tersebut sering sekali Pak Naw ucapkan, rasanya seperti pentunjuk. Pak Naw berharap kami semua mampu menjadi Pemimpin yang memang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kiri ke kanan:
Pak NAW, Bu Defi, Pak Agus, ... , Pak Yoki, Bu Sina, Pak Julfan

Nah bagi temen-temen yang mau ikut bergabung di Indomaret Group silahkan kirim surat Lamaran ke HRD Indomaret Group dan terbuka bagi Fresh Graduate, suka tantangan, domisili dibantu kok.. Jangan minder bagi yang tinggal di Pontianak, Jember, Banjarmasin, Makassar, Manado, Aceh.

"Tahun-tahun awal bekerja pasti sangat berkesan karena saya berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Tentunya menjadi luar biasa bagi saya bisa memperoleh penghasilan sendiri, apalagi bisa memberi kepada orang tua. Tahun-tahun lain yang berkesan adalah saat pindah bagian karena ada hal-hal baru yang harus dipelajari dan kita berkontribusi secara positif ditempat baru tersebut. Saya mengawali karir di Finance kemudian Marketing, Merch, HRD. Pernah juga buka DC baru di Cimanggis selama 4 bulan pertama.

Selama bekerja saya Selalu Bersyukur apa yang diperoleh dari Tuhan. Kita harus yakin apa yang diberikan Tuhan adalah yang terbaik buat kita. Dan kitapun harus memberikan yang terbaik untuk Tuhan, untuk keluarga, untuk lingkungan/perusahaan, dan untuk kita sendiri. Jika kita sudah memberikan yang terbaik maka berkat Tuhan akan selalu diberikan juga
". Ucap Pak Hamdani (senior Manager HRD Indomaret Group).

44 komentar:

  1. blh tny mbak? saya sudah lulus psikotes indomaret..dan kmudian dipanggil interview HRD disaat interview HRD dibilang saya ttd kontrak mggu dpan.. tpi yg jd prtnyaan tman sya udah dihubungi untuk interview user. tp saya belum? apakah ada bagian yg tdk prlu wawancara user ato bgm mbak?

    BalasHapus
  2. Boleh, jawabannya: nanti ditanyakan saja waktu kamu tanda tangan kontrak.. Supaya lebih jelas. ^^

    BalasHapus
  3. saya mau bertanya kak, apakah di indomaret khususnya di program MT untuk nanti nya bisa berpindah posisi atau divisi?
    jadi seperti ini ktika interview user di tawari untuk masuk ke divisi DC trus trnyata di rasa kurang sesuai untuk passion nya, apakah dari DC bisa berganti masuk dalam divisi HRD?
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semuanya mungkin dan pastinya sudah diperhitungkan.
      Enjoy.. ^o^

      Hapus
  4. mba, kira2 masa trainingnya brp bulan y mba d indomaret?

    BalasHapus
  5. kira2 training ny brp lama y mba?

    BalasHapus
  6. owh gitu ya kak, jadi masih ada kemungkinan dan kesempatan untuk berpindah atau di pindahkan untuk ke depan nya nanti?

    BalasHapus
  7. Halo mba. Mau nanya.
    Sya sudah pernah ikut psikotes dn interview tp bagian back office kata HRDnya tggu kabar smpe tgl sekian klo ga dpet kbr brarti ga lolos dn bisa d coba mlamar di posisi lainnya lgi. Trus sya mau melamar d posisi lain sbgai MD Store, sya telp bagian HRDnya kata boleh & teman sya juga mau melamar ulang sbgai MD Store dan tanya k bagian HRDnya katanya udah ga boleh lagi. Apa memang udah ga bisa lagi ya mba klo udah pernah ikut psikotes dan mau nyoba mlamar d posisi lain?
    Soalnya info dari HRDnya beda2. *terima kasih*

    BalasHapus
  8. Lumayan berkesan ceritanya mba... kebetulan awal 2015 saya training untuk MD. Bisa minta pin BBM.

    BalasHapus
  9. Salam kenal...

    from MDP batch 2 Oktober 2014

    BalasHapus
  10. Nice share

    thankyou :)
    salam kenal semua nya

    BalasHapus
  11. mba, saya mau tanya. saya dulu kan kerja di office indomaret sambil kuliah. nah sekarang saya udah lulus. bisa ga yah pindah ke jalur MT ??

    BalasHapus
  12. Mbak beri penjelasan tentang bidang pekerjaan sebagai merchandise

    BalasHapus
  13. @Anonim >> Setahu saya Program MT sudah dihapus dan diganti ke program MDP.

    @budi brt >> Mohon maaf, hal tersebut merupakan rahasia perusahaan :)

    BalasHapus
  14. mbak untuk interview final apakah akan ada test komputer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu saya interview, itu 2 tahun yg lalu sih ga ada.
      Saya kurang tau utk sistem yang baru
      :)

      Hapus
  15. mbak dita dlu tesnya yg di kemayoran apa ancol?.. tahapan tesnya apa aja ya mbak? tks sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di HO Kemayoran, masih standar kok dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

      Salam,

      Hapus
  16. mbak dita dlu tesnya di kemayoran ato di ancol? tahapan tesnya apa aja ya mbak?. tks sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di HO Kemayoran, masih standar kok dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

      Salam,

      Hapus
  17. mbak mau tanya
    penempatan MDP luar pulau itu sementara atau seterusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sifatnya sementara, karena biasa saja baru 1 hari dicabang; besok sudah diminta kerja di Kantor Pusat.

      Kita harus siap, karena sudah berkomitmen dari awal.

      Salam,

      Hapus
  18. Mau tanya mba saya udah lulus intrview dan psikotest dan saya udah dikasih kertas selembaran training udah disms juga kalo psikotest lulus tinggal menunggu ditlp tp kok blm ditlpn tlpn ya itu tandanya lulus apa engga? Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah diterima, tunggu saja.
      Atau Sms ulang saja nomor yang mengirimkan SMS.

      Salam,

      Hapus
  19. Mau tanya mba saya udah lulus intrview dan
    psikotest dan saya udah dikasih kertas
    selembaran training, katanya menunggu ditlp tp kok blm ditlpn tlpn ya itu tandanya lulus apa engga?
    Makasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaks berapa total gaji perbulan dibagian office dc klo umr 2,2jt???
      trmks

      Hapus
    2. Trims mba Dita utk sharing pngalamannya, mau nnya nih mba, sya kmarin sdh ikut tes di indomart cbng sawangan depok, dan dinyatakan lulus, lalu sdh isi biodata, dan dibritahu utk tggu tlp brikut utk masuk masa training, tpi sdh hmpir sminggu ini sya blum trima tlp/panggilan utk training, biasanya brp lama ya mba baru ditlp/dipanggil utk training? dan setelah lulus tes lalu akan dihubungi utk masuk training apa sya sdh diterima? Dmikian mba, mohon penjelasannya ya mba, trims sblumnya

      Hapus
    3. Wah itu bukan ruang lingkup saya untuk menjawab, kalo kamu sudah resmi jadi karyawan; juga nanti lebih tau dari saya kok ya..

      :)

      Hapus
  20. Psikotest nya ituu di tes apa aja mba umum ato kaya ngisi ulangan gitu banyak ato secara langsung ngomong nya

    BalasHapus
  21. Trims mba dita utk sharing pengalamannya, sya mo nanya mba, kmarin sya sdh tes psikotes di indomart cbang sawangan depok, dan dinyatakan lulus, lalu disuruh isi biodata, lalu dibritahu klau akan ditlp utk masuk masa training seminggu kedepan, klau bole tahu itu artinya sya sdh ditrima blum mba? Krn smp skrg sya blum dihubungi lgi (sdh hmpir seminggu setelah tes), dmikian mba, tks sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. skr ini, sudah jadi karyawan belum? ^_^

      Hapus
  22. Mba mau tanya donk, mba itu posisi nya nanti jadi Junior Supervisor kan ya.. Kalau boleh tau, berapa kisaran gaji yg di dapat terus jam kerjanya bagaimana ? Dan selama 2 bulan kita bekerja di semua bagian 5 posisi di atas atau perbagian posisi dikasih waktu training 2 bulan ? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ferry sendiri, skr udah jadi karyawan belum?.. Kalo sudah, pasti lebih tau dong kondisinya gimana kan ya ^_^.

      Hapus
  23. Malam mbak mau nanya 8 FO itu apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. harusnya itu ada di materi yang sudah dikasih waktu trainning.

      Pertanyaannya, nyimak training dengan bener gak?

      Hapus
  24. Mba dita kalau interview user untuk posisi trainer kira-kira pertanyaan nya Seputar apa? Disuruh bawa alat tulis juga, tes nya gimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alat tulis itu standar lah ya, harus dibawa; tapi kalo pertanyaannya seputar apa, ya saya gak tau.. soalnya saya bukan di Divisi itu.

      ^_^

      Hapus
  25. Mbak mau tanya, menurut mbak kalo masih fresh graduate bs kah langsung lamar di pemegang shift?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya:

      Fresh Graduate SMK atau Kuliah, nih?.. ^_^

      Hapus
  26. mau tnya mbk.klo office apakah sistem kontrak6 bulan habis apa bisa di perpnjng lgi y mbk?

    BalasHapus

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon