KRL: Program Pemerintah Tanpa Uang Tunai 2019 (KMT-Kartu Multi Trip)

KRL (Kereta Rel Listrik) Sebagai salah satu Alat Transportasi Masal yang diharapkan dapat menunjang kebutuhan masyarakat juga pemerintah, tentunya harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Seperti halnya perkembangan sistem transportasi dari tahun 2000 awal hingga sekarang, telah mengalami perkembangan pesat.

Seperti kereta itu sendiri, yang telah ikut bersolek pada Stasiun dan Sistem Ticketing.

Berbicara mengenai Sistem Ticketing, per tanggal 1 Agustus 2019; beberapa Stasiun seperti:


  1. Stasiun Sudirman
  2. Stasiun Universitas Indonesia
  3. Stasiun Palmerah
  4. Stasiun Taman Kota
  5. Stasiun Cikini
Pict: Dokumen Pribadi Penulis

Hanya menerima Pembayaran dengan menggunakan KMT (Kartu Multi Trip) atau Kartu Himbara yang telah bekerja sama dengan Sistem Elektronik Commuter Line.

Kartu Himbara sendiri adalah Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), seperti Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN. Jika terkadang kita melihat ATM Bersama, mesin ini merupakan salah satu "Produk" dari Himbara. Selain ATM Bersama, produk Himbara bisa kita temukan, antara lain:

  1. e-Money dari Bank Mandiri
  2. Indomaret Card dari Bank Mandiri
  3. BRIzzi dari Bank BRI
  4. TapCash BNI dari Bank BNI

Pict: Dokumen Pribadi Penulis


Pict: Dokumen Pribadi Penulis

Selain itu, masih ada juga Bank-bank yang telah mengeluarkan Produk Kartu Pembayaran Elektronik yang bisa digunakan selain Bank diatas, seperti: Flazz BCA dan Mega Cash.

Semua Kartu Pembayaran Elekstronik diatas, dapat juga digunakan untuk pembayaran lainnya seperti Tol, transaksi pembayaran di Mini Market dan beberapa gerai yang telah bekerja sama dengan Bank-bank diatas.

Commuter Line sendiri telah memiliki Sistem Pembayaran Non Tunai, yaitu dengan menggunakan THB (Tiket Harian Berjamin) atau KMT (Kartu Multi Trip). Masing-masing kartu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri, yaitu:

I. THB (Tiket Harian Berjamin)
  • Hanya bisa digunakan per hari (1 hari)
  • Terdapat Uang Jaminan / Deposit sebesar 10.000, dengan tujuan; Jika penumpang melakukan perjalanan melebihi tujuan awal atau kurang bayar, maka dana kurang tersebut akan diambil dari Deposit Kartu.
Pict: Dokumen Pribadi Penulis
  • Pengisian tarif pada THB di pagi hari dapat digunakan sampai malam di hari yang sama. Dengan catatan, penumpang yang mengisi tarif di Stasiun Jakarta Kota tidak bisa menggunakan tiketnya di Stasiun Sawah Besar, walaupun harga tiket di sawah besar lebih murah; tetap akan hangus.
  • THB yang telah diisi tidak dapat digunakan untuk hari berikutnya, tetapi Kartu Fisik THB masih dapat digunakan untuk pengisian tarif baru (seperti isi ulang kartu).
  • 1 Kartu hanya dapat digunakan oleh 1 Orang (1x tap setiap gate in (masuk) dan gate out (keluar))



II. KMT (Kartu Multi Trip)
  • Tidak ada masa kadarluarsa / expired
  • Terdapat uang jaminan atau bahasa lainnya, saldo minimal 5000 (yang tidak dapat diambil)
  • Hanya dapat digunakan untuk Fasilitas Trasportasi Commuter Line
  • 1 Kartu hanya dapat digunakan oleh 1 Orang (1x tap setiap gate in (masuk) dan gate out (keluar))
  • Isi ulang Kartu dapat dilakukan di Loket atau pada Mesin CVM

Pict: Dokumen Pribadi Penulis
  • Jika KMT hilang / dicuri, tidak dapat diblokir seperti ATM
  • Jika terdapat gangguan dalam waktu tertentu yang menyebabkan perjalanan KRL di suatu rel atau jalur atau lebih dibatalkan dan tidak sampai tujuan, maka perjalanan yang telah terrekam di sistem akan di batalkan di loket stasiun KRL Jabodetabek. Pengguna kartu KMT dibebaskan dari biaya/tarif saat itu yang berlaku, sumber: Payfazz


Alhamdulillah, kurang lebih seperti diatas informasi yang dapat saya berikan kepada rekan-rekan semuanya. Nantinya kalau ada informasi tambahan, Insyaa Allah akan saya infokan lagi pada post ini atau pada post yang baru.


Semoga kita semua selalu diberikan kebahagiaan Dunia dan Akhirat oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dijauhkan dari perilaku Zina serta Riba; Diampuni, dihapuskan dosa-dosanya dan mengizinkan kita masuk ke Surga Firdaus. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon