Anak-anak dibawah Umur

Sebenernya artikel ini udah lama ngedraft di notes blackberry. Judulnya mentereng buanget: Blog - Sepeda Motor Bukan Untuk Anak Di Bawah Umur. Tapi aku gak ada ide terus sih untuk nulisnya.. Yang ada stiap mau ngedraft, artikel ini cuma lewat aja. :D hehehee..

Naah;
Kebetulan sekarang ini kan ada sebuah tragedi, sebutlah tragedi yaa.. Soalnya si pengendara dan korban-korban tidak menginginkan juga tidak merencanakan semua kejadian berakhir sedih.

Mungkin bagi temen2 yang seumuran aku deh, usia 25 keatas.. Kita lihat ke zaman kecil dulu, gak ada anak kecil yang dilepas bawa kendaraan bermotor. Gak kayak sekarang yang anak SD pun bawa motor dan itu dipamerin sama orang tua mereka. Ish bener-bener mengenaskan deh aku bilang. Itu ngancurin jati diri si anak dan ngajarin yg gak bener #Tsaaah.

Beda dengan tahun 90an dlu *tua banget dong gw*, anak kecil total dilindungi dengan baik dan sempurna loh.. Klo mau main atau ke sekolah, paling naik sepeda dan perlengkapannya lengkap. Sebandel-bandelnya orang tua dan anak, untuk yang belum cukup umur paling main diarea komplek atau didampingin sama orang tuanya.

Gak cuma itu, maianan juga. Kita diajarkan untuk berinteraksi 2 arah, main bekel, galakxin, petak umpet, dll. Kita ngobrol dan becanda dan itu luar biasa rasanya loh.. Asik banget, Anak kecil nunggu hari sabtu dimana mereka bisa main bareng temen dari jam 7 hingga 9 malam.

Perbedaan yang mencolok sekali deh dengan tahun 2000an, justru gadget jadi temen main. Aduuh, moso anak dibuat interaksi sama mesin. Weleeeh, ngguyu banget deh. Gak mikiri psikis anak dan gaya interaksi mereka nantinya.

Masih soal anak dibawah umur, aku kan kerjanya disalah satu Gedung Bertingkat Tertua di Jakarta. Areanya emang agak nyempil dan jarang orang tau. Anak kecil dilingkungan sana, suka main ke gazebo *markas para karyawan ngerokok dan berbagai PT.* dan mereka nyari puntung-puntung rokok untuk dihisap!.. bahkan jika dia berani; Dia akan minta langsung sama karyawan tersebut. Lucunya lagi Mas, Mbak.. Satpam ngadu doong sama Ketua Satpam disana dan negur para orang tua, eeehh.. Malah satpam2 ini yang diomelin. Awkward banget.

Ya gitu deh, turut prihatin dengan kondisi saat ini.

Salam,

0 komentar:

Posting Komentar

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon