Manfaat Brokoli

"Sayur, Sayuur.. Sayur Mboten Bu.." Suara Ibu yang bawa gerobak sayur itu masih terngiang (^_^) Apa kabar Ibu-ibu sayur langganan Mama dulu ya?.. Yang setiap pagi selalu menyapa Komplek dengan suara Khasnya. (^_^) dan kadang nyaranin resep apa yang enak untuk dimasak hari ini, saat para Ibu-ibu rumah tangga kebingung mau masak apa.

Dari sekian banyak sayur dan olahannya, salah satu favorit aku: Brokoli. Paling enak ditumis setengah matang dicampur Bawang Bombay, Bawang Putih, Cabai, Gula, Garam. Oseng sbentar dan matang.. Enak banget disantap saat hangat, bukan Panas ya.. Nti yang ada malah Lidahnya jadi Mati Rasa. :D


Sayur yang masih saudaraan sama Kembang Kol ini punya banyak manfaat juga loh, antara lain:
1. Mengontrol tekanan darah;
2. Mencegah penyakit jantung;
3. Baik untuk penderita Maag;
4. Meningkatkan daya tahan tubuh;
5. Meningkatkan kesehatan tulang;
6. Meningkatkan kesehatan pencernaan;
7. Membantu proses penurunan berat badan;
8. Mencegah penyakit kardiovaskular (Jantung);
9. Mencegah penyakit mata seperti makula dan katarak;
10. Dapat memulihkan kembali pembuluh darah yang rusak akibat tingginya kadar gula darah (hiperglikemia) atau diabetes;
11. Mengandung glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan bahkan senyawa ini merupakan bentuk alami dari senyawa Antikanker. Senyawa ini juga berfungsi untuk mencengah enuaan dini.

Kurang lebih seperti diatas, info yang bisa aku rangkum dan bagiin ke temen-temen semuanya. Sumber yang aku ambil kali ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Brokoli, http://childrengrowup.wordpress.com. Semoga informasi sederhana tentang Manfaat Brokoli ini bisa membantu siapapun yang membutuhkannya.

Salam,


1 komentar:

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon