Sejarah Media Blog

Blog adalah sebuah Aplikasi Web yang berisi tentang informasi yang beragam. Blog dapat diakses dan dikelola oleh siapapun, karena konsep GUI yang cukup User Friendly. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang pada akhirnya diakusisi oleh Google.com di tahun 2002. Sehingga rata-rata pengguna Blogger.com memiliki email di Google.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam tentunya, ada yang hanya digunakan sebagai sarana cerita (Curhat), ada pula yang membagikan informasi terbaru, sampai dengan program media digital. Blog juga tentunya dapat memberikan profit bagi pemilik blog (Blogger), seperti kepuasan dari meningkatnya pengunjung atau semakin baiknya Page Rank dan bahkan mendatangkan uang.

Ngeblog istilah Trend Indonesia yang digunakan sebagai pengganti kata kerja Blogging dilakukan oleh hampir setiap waktu oleh penulis blog. Tujuannya adalah untuk menunjukkan eksistensi mereka.

Para blogger biasanya sering berkunjung ke Blog lain yang belum tentu mereka kenal, kunjungan itu mereka sebut dengan Blog Walking. Mereka akan saling menyapa dan bertukar Link (Blogroll). Aktifitas tersebut merupakan awal dari sebuah Komunitas Blogger. Hal yang ditonjolkan dari sebuah Komunitas Blogger adalah hal yang paling mewakili para anggotanya (Blogger), sebagai contoh Komunitas Blogger Jogja, Komunitas Blogger Palembang, dll.

Blog juga memiliki Kategori-kategori, antara lain:

1. Blog Agama: Pembahasan difokuskan kepada Topik keagamaan.
2. Blog Fashion: Fashion terkini adalah fokus utamanya.
3. Blog Film: Pembahasan difokuskan kepada segala jenis Film, baik review Film terbaru sampai Film lama.
4. Blog Gadget: Gadget terkini adalah fokus utamanya.
5. Blog Games: Permainan yang sedang marak adalah fokus utamanya.
6. Blog Kesehatan: Pembahasan difokuskan kepada hal tentang kesehatan, mulai dari penyakit, berita terbaru tentang kesehatan / penyakit, keterangan mengenai sebuah penyakit, dll.
7. Blog Kuliner: Makanan, tidak ada lagi selain itu.
8. Blog Media: Ketidakkonsistensi media massa yang biasa ditampilkan pada Koran atau Jaringan TV adalah fokus uatamanya.
9. Blog Parenting: Pendidikan anak atau pembinaan keluarga adalah fokus utamanya.
10. Blog Personal: Konsepnya seperti Buku Harian Online yang berisi tentang Puisi, Keluhan, Cerita, dll.
11. Blog Riset: Penelitian atau riset terbaru adalah fokus utamanya.
12. Blog Sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
13. Blog Travel: Jalan-jalan adalah fokus utamanya.
14. Blog Wanita: Segala hal tentang wanita adalah fokus utamanya.

Dan masih banyak lagi, kategori blog mencapai perkiraan antara 40-60 kategori. Jadi fokuskan blog dan pilih kategori sebagai Identitas Blog. So, selamat ngeblog..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon