Blog (yang Baik) Sarana Media Digital

Sekarang ini sedang heboh-hebohnya, setiap kalangan membuat blog sebagai media penghubung informasi ataupun berbagi.

Blog dengan berbagai kategori bermunculan, mulai dari blog personal hingga Life Style. Konten yang disediakan juga berbagai macam, hal-hal tersebut merupakan ciri khas dari blog yang dibuat. Blog menjadi sesuatu yang bergengsi dikalangan Media Digital, karena para blogger bisa menunjukkan kualitas menulis ataupun keahlian SEO yang mereka miliki.


Mubarika Darmayanti - Business Director of Idblognetwork.com

Selain itu, berbagai Brand ternama juga memilih sarana Media Blog untuk melakukan Kampanye Marketing. Karena untuk mencapai target, berbagai strategi pemasaran harus dilakukan. Melakukan kampanye marketing di Internet (Blog), Brand merasa dibantu yaitu dengan tampilnya pembahasan atau informasi yang memang dibutuhkan oleh konsumen.

Blog saat ini bisa dibilang pesaingan bagi situs yang sudah memiliki nama, penyebabnya adalah informasi yang diberikan lebih ringan dan biasanya mempermudah pembaca untuk menemukan apa yang mereka butuhkan.

Blogger julukan untuk penulis blog selalu mencari inovasi-inovasi baru yang mampu membuat Blognya agar selalu memberikan yang terbaik, sehingga menarik minat para pembaca. Semakin banyak pembaca yang datang, akan semakin baik pula Page Rank (PR) yang dimiliki. Dan hal itu menjadi gengsi bagi Blogger, karena telah memiliki nama dan jika suatu saat blognya ingin dijual tentunya akan memiliki nilai yang tinggi.

Tentunya disetiap hal positif ada juga hal negatifnya. Blogger akan membuat tampilan blognya menjadi semenarik mungkin, contohnya dengan memasang iklan.

Iklan yang dipasang punya keunikan tersendiri, ada yang tampil dengan rapi dan baik namun ada juga yang tersembungi (Hidden Ads) serta Iklan yang tampil didepan Blog (Floating Banner). Untuk Hidden Ads ataupun Floating Banner, sebenarnya menyulitkan pembaca saat berkunjung ke Blog. Apalagi bagi para pembaca awam, karena hal tersebut akan menggangu aktifitas pembaca. Iklan yang memiliki jenis seperti diatas biasanya mengandung unsur pornografi.

Disadari atau tidak, unsur tersebut memang dicari dan dapat menghasilkan komisi. Hal ini terkadang menjadi fokus Blogger untuk mencari uang dan melupakan konten yang baik. Memang benar dengan memasang iklan tersebut memberikan komisi namun juga akan membuat Blog menjadi tidak bersih dan dalam jangka panjang akan memberikan efek yang tidak baik untuk nama Blog.

"Blog yang baik itu adalah bukan Money Oriented tapi yang Hobi nulis dan menghasilkan Blog yang berkualitas."

5 komentar:

  1. Komen dulu,,

    sebelum pulang,,xixi

    BalasHapus
  2. dita mustika & nada dita kemudian air putih di dalam udaha hohohohoho

    jadi pengen punya blog yang baik nich ^ ^
    jiayoooo bloger ^ ^

    BalasHapus
  3. Gaptek: Haiaah, monggo2..

    Eko: airputihdidalamudara udah diganti jadi nadadita, ekoo.. ^^

    Hayoo, semangat nulisnya.

    BalasHapus
  4. Saya lagi belajar untuk menulis dengan baik :D
    Menurut saya semua blogger punya tujuan untuk monetize blognya :)
    Kalau saya pasang iklan banyak-banyak saat ini(beberapa bulan terakhir) tujuan saya karena saya lagi kejar setoran untuk pindah hosting ke hosting luar negeri yang harganya WOW karena hosting saya udah mau habes masa pakainya :D

    BalasHapus

 
Notes Dita Blog Design by Ipietoon